Perkenalan Singkat..

Cerita masa SMA
Perkenalan yang begitu singkat gue alami beberapa kali selama 22 tahun ini. Banyak orang yang datang dan pergi gitu aja dalam hidup gue. Mulai dari kecil, gue terpisah dengan temen-temen SD karena lanjut ke SMP yang berbeda. Begitu juga pas SMP, gue kembali terpisah ketika harus masuk SMA. Salah satu perpisahan terberat dan paling gue kenang adalah ketika SMA. Gue terpisah dengan temen-temen seperjuangan dari kelas 1 SMA hanya demi secarik kertas Ijazah. 

          Waktu terasa sangat cepat berlalu. Tak terasa sudah hampir 5 tahun berlalu. Sekarang makin sulit mengumpulkan mereka semua. Kendalanya hanya satu, Waktu. Dulu kita sering touring bareng, sekalipun belum punya kelengkapan yang memadai seperti SIM dan tentu saja keuangan yang terbatas. Gue ingat rasanya touring pertama kali dengan belasan motor. Lebih mirip konvoi daripada touring. Gue juga inget rasanya kena tilang berjamaah sama temen-temen karena lagi ada razia gabungan. Yah, tapi memang masa SMA dulu sangat menyenangkan. Dimana Pertemanan tidak dinilai dari materi, tetapi solidaritas yang membuat bahagia.

          Gue juga inget ketika temen-temen sekelas dijemur karena lupa membuat PR dan hanya menyisakan gue dan 4 orang temen gue lainnya. Gue dan yang lainnya merasa kesepian, akhirnya gue ikut turun kebawah dan berjemur bareng temen-temen lainnya. Gila? Memang. Tapi itu yang bisa bikin gue bahagia dan bakal gue kenang sampe tua.

          Gue masih inget rasanya godain adek kelas rame-rame sampe dia salting. Inget pas temen gue ketiduran di kelas pas pelajaran guru killer. Pernah juga bikin rusuh sama anak kelas lain sampe berlanjut di luar. Kampret kan? Tapi orang-orang kampret ini yang bikin gue senyum-senyum kalo inget jaman SMA dulu.

          Inget juga pertama kali sekolah gue kedatangan tamu dari Jakarta. Temen-temen dari sekolah pariwisata di Jakarta. Gue di tunjuk untuk mengantarkan mereka berkeliling sekolah. Lo ga bakal bisa bayangin rasanya di buntutin sama 30 orang dan mereka semua nanya mulu. Rasanya keringetan kayak nahan boker dicelana. Well, itu juga menjadi momen pertama gue kenalan langsung sama orang dari luar daerah. Juju aja, Hal yang pertama ada di pikiran gue adalah “Kampret, kedatangan tamu dari Jakarta. Pasti orangnya jutek-jutek”. Tapi diluar dbayangan gue, ternyata mereka orangnya sangat-sangat-sangat-sangat ramah. Sialnya gue cuma inget beberapa orang, sisanya gue lupa namanya dan mukanya.

          Saat itu gue cuma sempat ngobrol dengan sebut saja Topan (padahal itu emang nama aslinya). Orangnya kepo abis, nanya detail sekolah, dari A sampe Z. Well, memang orang ini friendly sekali, sayang gue lupa minta no hp nya, kali aja bisa ketemu kalau ke Jakarta nanti.

          Beberapa bulan berlalu, hari-hari gue masih dihiasi dengan canda tawa bareng temen-temen. Mungkin ada konflik, tapi hanya sesaat. Suatu ketika, gue lagi buka FB di sekolah, gue dapet friend request dari seorang cewek namanya Claudia puriyanti. Setelah gue cek detailnya, ternyata orang ini adalah salah satu siswa dari Jakarta yang dulu pernah mampir ke sekolah gue. Akhirnya kita ngobrol lewat pesan fb, dan gue juga menemukan beberapa akun facebook lainnya seperti Helen, Vivi, Karen, entah siapa lagi gue lupa. Tapi gue nggak pernah chat sama sekali sama mereka.

          Nah, gue lebih fokus ke salah satu dari mereka, yaitu Helen. Kalau gue liat dari akun Facebooknya, gue mikir kalau dia ini adalah model. Parasnya yang cantik memang mendukung kalau dia itu seekor seorang model. Tapi gue ngga pernah berani untuk chat dia, bukan karena takut, tapi karena bingung mau nanya apa, dan mau bahas apa. Takutnya dia malah ngomong "ELU SIAPA? PENTING BANGET DIAJAK CHAT? HAHA!". Mau taro dimana harga diri gue.

          Setelah lewat bertahun-tahun, gue makin tertarik dengan isi timeline nya. Karena dia sering membahas tentang suatu hal yang berbau dengan perjuangan rakyat demi terbebas dari pemerintahan yang bobrok. Tapi tetep, gue ngga berani chat. Kampret.

          Suatu ketika, dia membuat status kalau sedang kehilangan handphone. Gue coba kasi solusi alakadarnya yang gue tahu untuk membantu dia nemuin handphone nya lewat internet. Well, gagal sih.. tapi ya udahlah, yang penting udah ada usaha..

          Hari keberuntungan gue pun tiba, ternyata dia ngechat duluan dan nanya seluk beluk tentang blogging. Hal pertama yang ada dipikiran gue, ”KAMPRET, KETERTARIKAN GUE SAMA DIA TERNYATA SAMA” ‘kata gue dalam hati sambil loncat-loncat di depan PC. Setelah itu, gue dan dia ngobrol nggak jelas panjang lebar, mulai dari bahas tentang blog, ngomongin bokap gue, sampai nanya ukuran baju. Engga deng, ga sampe ukuran baju tapi sampe ngomongin lemak. Kampret kan. Tapi lama kelamaan gue merasa makin nyambung sama orang ini, dari bahasa dia yang sopan, ketertarikan yang sama, hobi yang sama. Semuanya memecah bayangan gue sebelumnya yang mikir kalau orang ini sedikit sombong.

          Gue belum tau gimana akhirnya nanti, semoga ngga bakal ada kata akhir dari percakapan antara gue dan orang ini. Karena jarang banget gue nemu orang yang pola pikirnya sama kayak gue. Kebanyakan nganggep kalo gue aneh dan beda dari mereka. Tapi satu hal yang gue tau pasti, Perbedaan ini yang membuat gue lebih mengerti gimana rasanya membutuhkan satu sama lainnya..

"Hidup ini hanya sebentar, dipenuhi dengan pertemuan dan perpisahan..."

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Perkenalan Singkat.. "