Menjaga Kesehatan Usus Sejak Dini


menjaga kesehatan usus 40 tahun keatasMenjaga Kesehatan Usus - salah satu informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Usus merupakan organ bagian dalam di tubuh manusia. Usus juga merupakan salah satu organ dalam sistem metabolisme tubuh manusia. Jika berbicara mengenai metabolisme maka tidak akan jauh dengan apa yang kita konsumsi sehari-hari, entah itu bahan makanan atau minuman. Pasalnya, makanan dan minuman yang dikonsumsi akan melewati mulut dan kerongkongan, selanjutnya diolah dan diserap sari-sarinya di dalam tubuh. Sementara itu, sisa-sisa makanan yang tidak dibutuhkan harus dikeluarkan memalui usus besar (anus) dalam bentuk padat. Dengan begitu, kerja organ usus memang sangat vital. Oleh karena itu, harus selalu kesehatannya agar dapat berfungsi secara optimal.

Bagaimana menjaga kesehatan usus yang dianjurkan?

Berikut beberapa cara yang bisa Anda praktikkan sehari-hari agar memiliki organ usus yang sehat.
1.    Banyak meminum air putih. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak air putih. Tentu saja air putih dengan kriteria sehat, yaitu tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Air putih tersebut akan membersihkan bagian dalam usus dari kotoran ataupun bakteri merugikan. Bahkan, air putih juga bermanfaat untuk proses detoksifikasi, yaitu pengeluaran toksin atai racun di dalam tubuh.
2.    Mengkonsumsi banyak serat. Manfaat dari serat cukup banyak. Salah satunya, yaitu dapat memperlancar buang air besar dan membersihkan kotoran dari organ usus. Kandungan serat banyak di sayuran hijau dan buah-buahan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi bahan makanan tersebut untuk menjaga kesehatan usus.

Menghindari penyakit yang menyerang usus      


Dengan mempraktikkan beberapa tips atau cara seperti ditulis di atas, Anda pun dapat terhindar dari berbagai penyakit yang swaktu-waktu bisa menyerang usus. Sebagai contoh, kanker usus yang menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Sel-sel kanker dapat tumbuh di bagian usus karena tidak terjaga dengan baik. Akhirnya, sel kanker mulai menggerogoti bagian usus sedikit demi sedikit. Jika tidak segera ditangani, tidak menutup kemungkinan orang yang menderitanya dapat meninggal dunia. Oleh karena itu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Dalm arti, menjaga kesehatan usus agar terhindar dari segala macam penyakit. Simak juga tips tips kesehatan lainnya agar kamu semakin kritis dengan kesehatan tubuh.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Menjaga Kesehatan Usus Sejak Dini"